Makna Cinta - Bu Kek Siansu - Kho Ping Hoo

CINTA tidak akan mendatangkan sengsara,
karena CINTA itu adalah KEBENARAN,
CINTA adalah KENYATAAN,
CINTA adalah TUHAN! Di dalam CINTA,
tidak ada si pemberi dan si penerima,
tidak ada si pencinta dan yang dicinta.

Berbahagialah manusia yang mengenal dan memiliki CINTA ini di dalam dirinya,
karena CINTA ini sesungguhnya juga BAHAGIA!
Cinta yang dikenal umum bukanlah cinta sejati.
Kalau charles menyatakan "Aku cinta kamu Diana!"
maka sesungguhnya bukan Diana yang dicintanya,
melainkan dirinya sendiri!


Segala macam derita, kekecewaan, kebencian,
cemburu, kemunafikan, iri hati dan dengki,
semua ini timbul dari apa yang disebut cinta itu,
yaitu cinta kepada si aku, bukan CINTA yang sejati.

Cinta kepada si aku sajalah yang menimbulkan perbuatan-perbuatan yang merugikan orang lain.
Aku di Khianati, Aku dirugikan, anakku diganggu, hartaku dicuri, keluargaku dihina, bangsaku, negeriku,
agamaku tidak dihargai, maka marahlah AKU, bencilah AKU kepadanya!
Karena itu, selama AKU, ENGKAU, dan DIA menjadi pendorong semua perbuatan,
maka timbullah pertentangan, dan selama ada pertentangan, timbullah duka sengsara.
Sebaliknya, kalau semua perbuatan itu berdasarkan CINTA tanpa perpecahan aku-engkau-dia,
kiranya sebutan Sorga bukan hanya terdapat dalam dongeng belaka,
karena bumi kita ini menjadi Sorga dan kita adalah mahluk-mahluk manusia yang sebenarnya,
bukan hanya hamba-hamba nafsu.

    Category

    • (27)
    • (24)
    • (20)
    • (11)

    Category

    • (27)
    • (24)
    • (20)
    • (11)

    Category

    • (27)
    • (24)
    • (20)
    • (11)